Sekilas tentang prime lens

DUA bulan terakhir saya mulai menjajaki prime lens untuk memproduksi video dengan kamera dslr. Setelah baca dan dengar dari beberapa sumber, akhirnya saya putuskan untuk benar-benar mencoba lensa yang satu ini .

Sasaran saya adalah Canon 50 mm f1/1.8. Di Ebay,  lens prima dengan spesifikasi tersebut tersebut dalam kondisi used alias bekas berkisar USD27.  Hari Minggu 6  Juli 2014, saya coba-coba ikut lelang dengan harga awal USD 5 dan ongkos kirim USD 5.50. Mula-mula saya ketik USD6. Meski bid tidak beringsut dari starting bid, saya naikkan tawaran menjadi USD7 menjelang penutupan. Tampaknya sudah takdir lens prima bekas itu jatuh ke tangan saya. Hingga akhir bidding, harga lelang tidak berubah. Dan, saya cukup mengeluarkan USD10,5 untuk mendapatkannya.

Saya masih belum berkesempatan untuk mencoba habis-habisan prime lens buatan Canon keluaran tahun 1980-an (mungkin). Yang jelas dengan bantuan adapter, lensa tersebut dijamin bisa menghasilkan still photo atau video yang tajam. Tentu kondisi fisik lensa tidak kelewat kotor oleh debu dan jamur. Kaca lensa juga tidak boleh cacat akibat gesekan atau goresan.

Yang pasti, menurut orang-orang yang faham benar dunia kamera, lens dengan spefisikasi tersebut memiliki kualitas kaca bagus. Konstruksi elemen-elemen kaca di dalamnya juga sangat mantap. Dan, karena, prime lens sudah didesain dan diproduksi beberapa dekade, kalangan industri, termasuk Canon dan Nikon, sudah menguasai teknik-teknik untuk menghasilkan lensa yang benar-benar layak di sebut prime lens dengan tetap menekan ongkos produksi . (Bandingkan dengan zoom lens yang memang pendatang baru).

Soal focal length 50mm, bukan 28mm atau 70mm, 50mm diketahui paling mirip dengan ruang pandang mata manusia – normal. 28mm tergolong wide angle, sedangkan 70mm sudah masuk kategori telephoto. Dengan kata lain, lens 50mm pas untuk fotografi dan videografi jurnalistik, sebab tidak mengubah perspektif dalam setiap shot.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Gagasan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

