Ikuti rule of thirds

ADA satu ketentuan yang sangat umum diikuti di dunia seni visurule of third 00al – termasuk kalangan pelukis, fotografer, dan videografer. Namanya rule of thirds atau law of thirds.

Bagi yang belum pernah mendengar apa itu rule of third, inilah penjelasan sederhananya.

Kanvas lukis, view finder kamera, monitor tv, screen ponsel dan semacamnya bisa dibagi menjadi suatu grid yang memiliki dua garis horizontal dan dua garis vertical. Kedua garis tersebut bertemu di empat titik.

Mengikuti rule of third, subjek – orang, benda – yang anda shoot diupayakan berada di setidaknya salah satu dari keempat titik temu itu. Shot yang anda peroleh pasti lebih menarik jika dibandingkan dengan kalau subjek tersebut ditempatkan tepat di tengah-tengah.
Banyak kamera memiliki fitur yang bisa memunculkan pola rule of thirds di view finder. Ini tentuk mempermudah orang mengikuti rule of thirds.

Kalau pun fitur ini tidak ada, [setidaknya menurut saya], anda bisa menyiasati dengan menempatkan subjek ke arah kiri atau ke arah kanan dari titik tengah. Klip video yang anda peroleh [dijamin] akan lebih menarik.

Keberadaan rule of thirds ini bukanlah harga mati yang memasung kreativitas. Jika memang lebih menarik, anda bisa sisihkan rumus.
Yang pasti, dengan mengikuti rule of thirds, hampir bisa dipastikan video anda lebih menarik.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Videografi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s