Ayo baca manual dulu

SEORANG jurnalis senior tiba-tiba balik ke ruang kerja setelah pamit untuk mengambil gambar beberapa belas menit sebelumnya. Dia mengeluhkan bahwa foto-foto yang dia ambil tampak kabur. Pasti si kamera rusak atau ada tombol yang bergeser sendiri, keluhnya.

Merasa tidak dimintai pendapat, saya memilih meneruskan tugas sehari-hari saya. Namun, saya menduga kamera tersebut dalam macro mode. Setidaknya itu yang pernah saya baca dari manual untuk kamera yang sama.

Belakangan, yang bersangkutan muncul lagi setelah menemui teknisi. Tanpa ada yang bertanya, dia menjelaskan bahwa kamera itu dalam macro mode.

Banyak orang lain yang menghadapi pengalaman kecil serupa. Ada barang elektronik baru langsung disambar, sepertinya semuanya otomatis ada dalam genggaman. Bahkan, tidak jarang buku petunjuk langsung dibuang ke bak sampah bersama kotak kemasannya begitu si gadget tiba.

Sepengetahuan saya, banyak fotografer dan videografer sengaja meluangkan waktu untuk membaca buku petunjuk alias manual.

Siapa tahu ada informasi – sekecil apa pun – yang ternyata bisa sangat vital ketika mereka mengoperasikan peralatan kerja mereka. Mungkin juga ada tautan internet atau nomor telepon untuk mendapatkan bantuan teknis jika alat terebut berulah di kemudian hari.

Manual – termasuk yang berbentuk digital – disimpan di tempat yang aman. Halaman-halaman  tentang penting, seperti troubleshooting, difotokopi atau di=print dan disimpan bersama si gadget.

Seorang pemburu yang baik kenal benar seluk-beluk senjatanya. Demikian juga videografer yang baik tahu benar kamera. Dengan kata lain, pelajari camcorder anda dengan membaca manual dua tiga kali dan mencoba kamera itu sendiri. Tip ini memang tidak langsung terkait dengan cara merekam video yang baik, tapi akan membantu videografer untuk bisa mengoperasikan kamera mendapatkan shot yang lebih baik.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Videografi, Videography. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s