Tripod tripod tripod

TRIPOD adalah aksesori paling hebat yang bisa dibeli oleh videografer, kata seorang instruktur.

Pernyataan ini sama sekali tidak berlebihan. Dengan bantuan tripod, kualitas video bisa meningkat beberapa kali lipat. Gambar menjadi stabil dan lebih enak ditonton. Dalam keadaan normal, klip video yang direkam seperti di tengah gempa bumi atau dari atas kapal yang sedang diterjang gelombang sangat menganggu pemirsa.

Tripod kamera atau variansnya seperti monopod dan bipod ditawarkan dengan patokan harga sangat bervariasi. Harganya mulai dari puluhan ribu rupiah hingga belasan juta rupiah, bahkan bisa menyamai atau melebihi harga kamera yang disangganya. Faktor bahan, fitur dan durabilitas adalah sebagian faktor yang ikut menentukan harga tripod.

Memang ada hand-held technique untuk mengambil gambar ketika tripod tidak tersedia atau ketika keadaan tidak memungkinkan menggelar tripod. Namun, mendapatkan gambar yang stabil tanpa tripod bukan urusan mudah. Itu memerlukan latihan dan kondisi fisik yang menunjang plus kreativitas untuk menemukan alat darurat untuk menyangga kamera dalam waktu lebih dari dua tiga menit.

Ketika banyak camcorder dilengkapi fitur image stabilization sekalipun, tripod tetap tidak tergantikan. Seorang videografer kawakan menyarankan untuk mematikan fungsi image stabilization jika camcorder dipasang mantap di atas tripod. Pasalnya, fitur itu justru bisa menganggu stabilitas gambar.

Lepas dari itu semua, sebagaimana dengan kebanyakan perlengkapan videografi lain, pengetahuan dan ketrampilan si pengguna sangat menentukan manfaat tripod di lapangan.

Walhasil, jika siapa pun yang mengakui serius menekuni videografi, tripod tentu menjadi investasi besar di belakang camcorder.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Videography. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s